Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Penyelenggara pelayanan publik yang selanjutnya disebut Penyelenggara adalah setiap institusi penyelenggara negara, korporasi, lembaga independen yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk kegiatan pelayanan publik, dan badan hukum lain yang dibentuk semata-mata untuk kegiatan pelayanan publik.
Kualitas pelayanan publik yang masih buruk dan belum patuhnya para unit penyelenggara pelayanan publik dalam mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan terkait Pelayanan Publik dapat berpotensi mengakibatkan terjadinya tindak pidana korupsi oleh penyelenggara pelayanan publik. Sementara itu, tatanan baru Masyarakat dihadapkan pada harapan dan tantangan global yang dipicu oleh kemajuan di bidang ilmu pengetahuan, informasi, komunikasi, transportasi, investasi, dan perdagangan. Kondisi dan perubahan cepat yang diikuti pergeseran nilai tersebut perlu disikapi secara bijak melalui langkah kegiatan yang terus menerus dan berkesinambungan dalam berbagai aspek Pembangunan untuk membangun kepercayaan Masyarakat guna mewujudkan tujuan Pembangunan Nasional.
Untuk itu, diperlukan Reviu atas penyelenggaraan pelayanan publik dengan tujuan memberikan keyakinan secara terbatas bahwa penyelenggaraan Pelayanan Publik telah dilaksanakan dengan obyektif, transparan, dan akuntabel. Reviu Pelayanan Publik tersebut dilakukan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) sebagai bentuk Quality Assurance, tidak mencakup pengujian secara mendalam atas pelaksanaan publik serta tidak dirancang untuk mengungkap adanya kecurangan (fraud).
Berdasarkan Surat Tugas Plt. Inspektur Kabupaten Purworejo Nomor 100.3.5.4/205/ST-RV/2024 tanggal 9 September 2024, Irban II telah melakukan Reviu Pelayanan Publik Bidang Kesehatan pada Puskesmas Bener mulai tanggal 9 September s/d 13 September 2024.
Inspektorat Daerah Purworejo Gelar Apel Pagi Rutin Dipimpin Inspektur Pembantu I
Bimtek Pengelolaan Keuangan Partai Politik
REVIU RANCANGAN AKHIR PERUBAHAN RENJA DINAS KESEHATAN DAERAH KABUPATEN PURWOREJO
Inspektorat Daerah Kabupaten Purworejo Gelar Apel Pagi Rutin, Bahas Persiapan Rakor Internal MCSP 2025
Inspektur Pembantu III Inspektorat Daerah Kabupaten Purworejo Ikuti Bimbingan Teknis Mitigasi Risiko E-Purchasing dan Audit Pekerjaan Konstruksi
Inspektorat Daerah Purworejo Gelar Pengajian Rutin: Bahas Keutamaan Kurban Jelang Idul Adha