Rapat Dinas Gelar Pengawasan Daerah Kabupaten Purworejo Tahun 2018

Dalam rangka meningkatkan fungsi dan peranan pengawasan dalam pelaksanaan tugas pada setiap unit kerja, Inspektorat Kabupaten Purworejo mengadakan Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Kabupaten Purworejo Tahun 2018 dengan tema “Membangun Sinergitas Pelaksanaan SAKIP dalam rangka Meningkatkan Kinerja Pemerintah Kabupaten Purworejo”. Kegiatan Larwasda tersebut, dibuka oleh Wakil Bupati Purworejo Ibu Yuli Hastuti, SH., bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo, hari Rabu, 18 April 2018.

Pembukaan oleh Wakil Bupati Purworejo

Rapat Dinas Larwasda dihadiri sekitar 150 orang terdiri dari Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo, Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Inspektur Kabupaten/Kota se-Eks Karesidenan, Staf Ahli Bupati Purworejo, Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo, Kepala OPD, dan Camat se-Kabupaten Purworejo.

 

Hadir sebagai narasumber Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Pengaduan Masyarakat dan Aparatur Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan dan RB, Drs. Agus Uji Hantara, Ak. M. E., Perwakilan BPKP Provinsi DI Yogyakarta, Budi Santosa dan Pembukaan oleh Wakil Bupati Purworejo Irban Pembantu Khusus Inspektorat Provinsi Jawa Tengah, Drs. Harsono.

Dalam Laporan Larwasda Kabupaten Purworejo Inspektur Kabupaten Purworejo, Drs. Achmad Kurniawan Kadir, MPA. menyampaikan, Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) dimaksudkan untuk memaparkan hasil pengawasan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah di Kabupaten Purworejo. Sedangkan, tujuannya adalah Penegasan Kebijakan Pengawasan, evaluasi kelemahan pelaksanaan kegiatan dan membangun sinergitas pelaksanaan SAKIP antar OPD dalam rangka meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Purworejo.

Dalam sambutannya Bupati Purworejo minta kepada semua Pimpinan OPD untuk menindak lanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan yang dilakukan baik oleh BPK RI, BPKP, Inspekrorat Provinsi maupun Inspektorat Kabupaten Purworejo yang mungkin masih ada tunggakan. Untuk peningkatan akuntabilitas kinerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo, Bupati Purworejo minta juga kepada semua Pimpinan OPD agar lebih optimal dalam mengimplementasikan SAKIP yang ada serta menindaklanjuti semua rekomendasi baik dari hasil evaluasi Inspektorat maupun Kementerian PANRB Republik Indonesia.
Sementara itu, Drs. Uji Hantara berpesan bila Kabupaten Purworejo ingin mencapai target B untuk penilaian SAKIP nya, agar segera disusun Tim dan Rencana Aksi Akuntabilitas Kinerja. Bagian Organisasi, Bappeda dan Inspektorat agar duduk bersama dan bersinergi untuk meningkatkan kinerja dengan dukungan semua OPD.Pada kesempatan yang sama Drs. Harsono menyampaikan rencana Penandatanganan secara serentak Perjanjian Kerja Sama (PKS) Penanganan Laporan dan Pengaduan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Untuk pengaduan, paling sedikit memuat secara jelas:
1. Data Identitas nama dan alamat pelapor disertai fotocopy KTP atau Identitas lainnya
2. Keterangan dugaan tindak pidana Korupsi dilengkapi dengan bukti permulaan/pendukung berupa benda, alat atau dokumen.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Wakil Bupati beserta Sekretaris Daerah, Inspektur dan Narasumber dari Kementrian PANRB

 

 

 

    

Peserta dari OPD Kabupaten Purworejo
Tamu Undangan dari Inspektorat se Eks Karesidenan Kedu
Sesi tanya jawab