Diklat Audit Kinerja

Bertempat di Pusdiklatwas BPKP – Ciawi, pada tanggal 16-22 April 2017, Hajaris Setyowati (Auditor Muda) dan Agung Fajar I (Auditor Pertama) mengikuti Diklat Audit Kinerja Pemerintah Daerah.

Materi yang disampaikan pada Diklat Audit Kinerja tersebut adalah:
Gambaran Umum – 5jp
Perencanaan Audit Kinerja – 5jp
Survei pendahuluan – 5jp
Pengujian Sistem Pengendalian Intern – 5jp
Pengujian Atas Sistem Pengukuran Kinerja – 5jp
Pengujian Atas Data Kinerja – 5jp
Audit Rinci dan Pengembangan Temuan – 10jp
Penyusunan Laporan Hasil Audit Kinerja – 10 jp

Hasil Diklat:

Bahwa sebagai upaya peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik akuntabilitas merupakan prinsip yang harus diimplementasikan secara nyata. Akuntabilitas pengelolaan Instansi Pemerintah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya menjad tuntutan masyarakat yang harus dipenuhi. Untuk itu manajemen Instansi Pemerintah harus meningkatkan kinerjanya, mengelola sumber daya (input) secara efektif dan efesien sehungga hasil yang dicapai akan maksimal.

Bahwa laporan kinerja harus dapat memberikan informasi tentang area yang penting yang harus ditingkatkan kinerjanya, oleh sebab itu pertanggungjawaban kinerja harus dinilai, diuji, dievaluasi secara independen dan profesional untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada dan penyebabnya untuk selanjutnya mengajukan rekomendasi perbaikan, guna peningkatan kinerja Instansi Pemerintah. Hal ini dapat dicapai melalui pelaksanaan Audit kinerja yang efektif.

Materi Diklat dapat diunduh disini.

Comments are closed.